Sekarang ini Facebook mungkin dikenal sebagai jejaring sosial terbesar
di dunia, lalu bagaimana dalam 5 atau 10 tahun ke depan? Perkembangan di
dunia teknologi Internet sangatlah tidak pasti, ada yang naik dan ada
yang turun. Tapi ternyata Mark Zuckerberg sudah mempunyai rencana
konkrit akan jadi seperti apa Facebook di tahun 2024. Ini dia gambaran
Facebook di tahun 2024 nantinya.
Seperti yang telah dikatakan di atas, kejayaan dalam dunia teknologi
online sangatlah tidak pasti ada yang naik dan juga banyak yang turun.
10 tahun sebelum sekarang ini, Friendster baru saja mulai memperkenalkan
apa yang kita sekarang kenal dengan namanya jejaring sosial,
dan Facebook hanyalah sekedar ide dari seseorang tidak dikenal bernama Mark Zuckerberg. Bahkan ide dari Twitter dan Google+ saja belum ada.
Siapa yang menyangka bahwa jejaring sosial ternama Friendster pada zaman itu akan digantikan dengan sebuah jejaring sosial yang akan jauh lebih booming, tidak lain dan tidak bukan Facebook. Lalu apakah hal yang sama akan terjadi ke Facebook di 10 tahun ke depan? Menyadari akan hal ini, Mark Zuckerberg sebagai CEO facebook telah memiliki rencana konkrit akan bagaimana caranya mempertahankan kejayaan Facebook sebagai raja jejaring sosial hingga tahun 2024 nantinya.
Sekarang ini Facebook mungkin terlihat dan dikenal sebgai raja jejaring
sosial tapi nyatanya ia dapat dideskripsikan sebagai teknologi yang
sudah mulai "membosankan." Sehari-hari dalam dunia Facebook hanyalah
me-post gambar, status, artikel, atau video. Melihat apa yang di-post
oleh orang lain, jarang-jarang menuliskan komen, dan secara garis besar
hanya melakukan scroll ke bawah sembari membaca post-post orang.
Hal ini mungkin terdengar membosankan, namun tidak dapat dipungkiri banyak orang tetap melakukan hal ini. Hingga sekarang perkembangan Facebook tetap melaju dengan baik dimana sudah ada sekitar 1,23 miliar user terdaftar sebagai pengguna Facebook. Tidak hanya itu saja, Facebook juga terus memperluas 'pangsa pasarnya' tersebut dengan membeli berbagai aplikasi ternama seperti Instagram, WhatsApp, dan yang terbaru adalah Oculus Rift.
Mark Zuckerberg mengatakan bahwa rencana Facebook di 3 tahun ke depan
dari sekarang tidaklah berbeda banyak dari bagaimana Facebook sekarang
ini. Tujuan mereka tetap akan memperluas komunitas di dalamnya dan juga
membantu berbagai bisnis mencapai potensial optimal mereka. Mark tetap
ingin mempertahankan kemajuan Facebook yang dapat dikatakan tetap
relatif kuat yakni dari 1,23 miliar user yang terdaftar ada sekitar 864
juta orang menggunakan Facebook setiap harinya.
Kemudian Mark juga ingin lebih mempopularkan berbagai produk Facebook seperti platform video Facebook contohnya. Yang secara mengejutkan tidak kalah popular dari YouTube, pada saat "ice bucket challenge" sedang popular platform Video Facebook mereka telah menarik perhatian lebih dari 10 miliar penonton yang mencakup 440 juta pengguna. Hal yang serupa juga dapat terlihat pada perkembangan Instagram.
Dari sisi monetasinya, Facebook akan terus memiliki nilai tersendiri sebagai bidang pemasaran digital. Kualitas iklan dan artikel yang ditawarkan akan terus dikembangkan dan ditujukan untuk dapat mencapai orang-orang yang lebih tepat.
Pada 5 tahun ke depan, Mark mengatakan bahwa rencana mereka adalah
membawahi berbagai aplikasi layanan next-gen seperti Instagram,
Messenger, WhatsApp, dan juga pencarian Facebook Graph untuk dapat
menghubungkan miliaran orang dan memiliki nilai bisnis yang lebih
daripada sekarang. Fokus
utama akan lebih ke arah IM (Instant Messaging) melalui Messenger dan
WhatsApp. Permulaan dari hal ini telah terlihat dari kemunculan aplikasi
Facebook di smartphone-smartphone seperti iOS dan Android agar
orang-orang dapat dengan mudah mengaksesnya tanpa perlu repot-repot buka
browser.
Kemudian dalam rentang waktu 5 tahun ini, Facebook juga akan menjadi dasar yang kuat bagi para developer untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi mereka melalui platform Facebook, atau singkatnya menghubungkan tidak hanya dalam hal pengguna namun juga hal aplikasi. Hal ini dapat digambarkan seperti mereka ingin menjadi Android sekarang ini sebagaimana kita bisa melihat banyaknya smartphone-smartphone yang menggunakan Android sebagai OS mereka.
10 tahun dari sekarang, Facebook akan mencatatkan perubahan penting
dalam dunia yaitu dengan mulai mencapai misi mereka untuk menghubungkan
seluruh dunia, kemajuan dalam hal AI (Artifical Intelligence), dan juga
mengembangkan platform generasi lanjut.
Untuk mencapai impian masa depan ini, Mark sebagai CEO dari Facebook akan lebih agresif untuk melakukan investasi. Contoh nyata dapat dilihat dari akuisisi Oculus Rift. Oculus Rift adalah bentuk nyata dari komputasi masa depan, bahkan sebelum dirilis telah ada banyak sekali antisipasi akan produk tersebut dimana 100.000 developer kit (prototype) telah dikirimkan ke lebih dari 130 negara.
Di samping ini, sama halnya seperti Project Loon Google, Facebook juga ingin agar semua atau setidaknya 2/3 penduduk di dunia mendapatkan akses Internet. Hal ini ingin ia capai melalui Internet.org dengan tujuan utamanya yaitu menghubungkan semua orang di dunia. Internet.org dan Oculus Rift hanyalah 2 peluang yang terlihat sekarang ini, namun Mark akan terus mencari peluang lain yang tetap dengan tujuan akhir menghubungkan seluruh dunia.
--
Secara singkat, rencana Facebook baik untuk 3, 5, atau 10 tahun ke depan adalah mendapatkan pengguna yang lebih banyak melalui berbagai produk, seperti WhatsApp, Messenger, Search, Video, NewsFeed, Oculus, atau Instagram yang diharapkan untuk setiap produk dapat menghubungkan setidaknya 1 miliar pengguna. Sesudah hal ini dicapai maka setiap orang dapat terhubung dan monetasi lebih lanjut akan dilakukan.
Copas dari : tahupedia
Naik Turunnya Kejayaan Di Dunia Digital
Siapa yang menyangka bahwa jejaring sosial ternama Friendster pada zaman itu akan digantikan dengan sebuah jejaring sosial yang akan jauh lebih booming, tidak lain dan tidak bukan Facebook. Lalu apakah hal yang sama akan terjadi ke Facebook di 10 tahun ke depan? Menyadari akan hal ini, Mark Zuckerberg sebagai CEO facebook telah memiliki rencana konkrit akan bagaimana caranya mempertahankan kejayaan Facebook sebagai raja jejaring sosial hingga tahun 2024 nantinya.
Facebook Sekarang Ini
Hal ini mungkin terdengar membosankan, namun tidak dapat dipungkiri banyak orang tetap melakukan hal ini. Hingga sekarang perkembangan Facebook tetap melaju dengan baik dimana sudah ada sekitar 1,23 miliar user terdaftar sebagai pengguna Facebook. Tidak hanya itu saja, Facebook juga terus memperluas 'pangsa pasarnya' tersebut dengan membeli berbagai aplikasi ternama seperti Instagram, WhatsApp, dan yang terbaru adalah Oculus Rift.
Facebook di 3 Tahun Ke Depan
Kemudian Mark juga ingin lebih mempopularkan berbagai produk Facebook seperti platform video Facebook contohnya. Yang secara mengejutkan tidak kalah popular dari YouTube, pada saat "ice bucket challenge" sedang popular platform Video Facebook mereka telah menarik perhatian lebih dari 10 miliar penonton yang mencakup 440 juta pengguna. Hal yang serupa juga dapat terlihat pada perkembangan Instagram.
Dari sisi monetasinya, Facebook akan terus memiliki nilai tersendiri sebagai bidang pemasaran digital. Kualitas iklan dan artikel yang ditawarkan akan terus dikembangkan dan ditujukan untuk dapat mencapai orang-orang yang lebih tepat.
Facebook di 5 Tahun Ke Depan
Kemudian dalam rentang waktu 5 tahun ini, Facebook juga akan menjadi dasar yang kuat bagi para developer untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi mereka melalui platform Facebook, atau singkatnya menghubungkan tidak hanya dalam hal pengguna namun juga hal aplikasi. Hal ini dapat digambarkan seperti mereka ingin menjadi Android sekarang ini sebagaimana kita bisa melihat banyaknya smartphone-smartphone yang menggunakan Android sebagai OS mereka.
Facebook Pada Tahun 2024
Untuk mencapai impian masa depan ini, Mark sebagai CEO dari Facebook akan lebih agresif untuk melakukan investasi. Contoh nyata dapat dilihat dari akuisisi Oculus Rift. Oculus Rift adalah bentuk nyata dari komputasi masa depan, bahkan sebelum dirilis telah ada banyak sekali antisipasi akan produk tersebut dimana 100.000 developer kit (prototype) telah dikirimkan ke lebih dari 130 negara.
Di samping ini, sama halnya seperti Project Loon Google, Facebook juga ingin agar semua atau setidaknya 2/3 penduduk di dunia mendapatkan akses Internet. Hal ini ingin ia capai melalui Internet.org dengan tujuan utamanya yaitu menghubungkan semua orang di dunia. Internet.org dan Oculus Rift hanyalah 2 peluang yang terlihat sekarang ini, namun Mark akan terus mencari peluang lain yang tetap dengan tujuan akhir menghubungkan seluruh dunia.
--
Secara singkat, rencana Facebook baik untuk 3, 5, atau 10 tahun ke depan adalah mendapatkan pengguna yang lebih banyak melalui berbagai produk, seperti WhatsApp, Messenger, Search, Video, NewsFeed, Oculus, atau Instagram yang diharapkan untuk setiap produk dapat menghubungkan setidaknya 1 miliar pengguna. Sesudah hal ini dicapai maka setiap orang dapat terhubung dan monetasi lebih lanjut akan dilakukan.
Copas dari : tahupedia
إرسال تعليق
Terimakasih atas kunjungan Anda. Silakan berkomentar yang baik dan sopan.