Apapun, dimanapun selalu terkait dengan dunia IT, gimana tidak, dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi, selalu nyambung dengan IT (internet). Bagi sebagian besar orang, hidup mungkin gak lengkap tanpa keberadaannya atau bahasa kerennya, mati gaya :D. Mereka rela gak makan, gak minum atau yang lainnya, asal tiap hari bisa nyambung dengan internet.
Gak peduli kita sekarang ini hidup dimana, desa ataupun kota, sudah merupakan hal wajib makhluk yang satu ini, internet. Bahkan bisa dibilang desa atau kota, saat ini sudah tidak bisa dibedakan gaya hidup manusianya, kemana - mana selalu bawa smartphone plus paket internet cepat. Jika tidak ada paket internet, mereka akan nongkrong, kumpul bareng temen -temen mereka di warung kopi, alun - alun kota, atau dimanapun yang penting bisa berinternet ria, kalo bisa yang gratislah :).

Di desaku, mungkin di desa - desa yang lain juga, kecanduan akan internet nampaknya sudah sangat mewabah, dan menular satu sama lain. Mulai sekedar untuk Facebookan, chatting (BBM, WA, Line dkk), game online sampai dengan bisnis online (toko online).

Untuk bisnis online, menurut apa yang saya tahu, masyarakat di desaku, umumnya menggunakan group Facebook, mulai dari jual HP bekas, motor dan lain - lain. Jika di antara penjual dan pembeli di group itu ada yang cocok, bisa ketemuan untuk tahap selanjutnya.

O ya, hampir lupa, meskipun di desa, istriku mungkin masih satu - satunya di desaku yang memiliki website toko online. Berangkat dari sini, bisnis online istriku sudah berjalan lebih dari dua tahun dan alhamdulillah lancar, berkembang dan berkembang terus.

Andaikan saja tempat tinggalku di kota atau desaku yang tercover Smartfren 4G LTE Advanced, mungkin akan lebih maju lagi dan bertambah banyak wirausaha online. Karena bisa berkomunikasi, upload dan download lebih cepat lagi, tanpa harus menunggu loading lama. Mungkin harapan itu masih harus banyak menunggu karena desaku merupakan bagian dari kota kecil yang masih dalam tahap berkembang.

Misalkan saja internet cepat 4G ini sudah ada di desaku, alangkah bahagianya, senangnya semua orang, yang sekolah bisa download atau upload tugasnya lebih cepat lagi, yang hobi social media bisa upload foto dan video tanpa harus bingung mengompres ukurannya. Tinggal upload saja. Yang hobi streaming, gak usah pusing mikirin buffering, tinggal klik, playing deh video yuotubenya.

Jika internet cepat, 4G ada di desaku, pasti aku akan lebih rajin lagi nulis di blog ini. Bisa ikut lomba blog, menulis tips dan trik, atau sekedar berbagi pengalaman. Mungkin juga tetanggaku, akan lebih melek internet, bisa berbagi cerita kepada dunia, tanpa harus kemana - mana.

Yang pasti, internet merupakan kebutuhan primer bagi siapapun saat ini, gak peduli dia tinggal di desa atau di kota, dengannya kita bisa berbuat apa saja, mempengaruhi siapa saja, berbagi cerita apa saja, menjual atau membeli apa saja, tak terbatas ruang dan waktu, dengannya kita bisa mengurangi jarak dan menghemat waktu.

Dengan internet pula, masyarakat desa, tidak ketinggalan berita terkini, politik, keamanan, budaya, bahkan mereka juga bisa berkontribusi dengan membuat konten - konten yang bermanfaat atau bahkan bisa membuat suatu budaya atau adat di desa yang dulu tidak dikenal bisa menjadi terkenal.

Harapan saya, semoga kelak internet semakin cepat lagi, lebih murah atau bahkan gratis, karena internet merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang wajib terpenuhi.

4 Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda. Silakan berkomentar yang baik dan sopan.

  1. Wong deso tapi canggih.... aku juga pengin... mampir yah... http://www.rephiandhi.com/2015/09/smartfren-4g-lte-advanced-Internet-cepat-goforit.html

    BalasHapus
  2. Artikelnya cukup mantab mas..
    lagi baca2 tulisan wong ndeso melek IT , judulnya keren , nek kataku ini well :D
    salam kenal
    sutopo blogger jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tks gan sudah mampir, salam kenal juga dari Bojonegoro
      Mohon bimbingannya, saya masih belajar gan :)

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda. Silakan berkomentar yang baik dan sopan.