Di era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berkembang pesat saat ini, semua bidang pekerjaan tidak akan bisa terlepas dari ketergantungan akan kehebatan TIK. Mau tidak mau, kita harus menguasainya, baik sedikit maupun banyak.


Conoth screenshoot Sisfo Kampus
Terutama di ranah dunia pendidikan, TIK merupakan hal mutlak yang harus dikuasai oleh, siswa, mahasiswa, guru, dosen, maupun tenaga pendidikan. Mulai dari aplikasi perkantoran, internet dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi sources code Sistem Informasi Akademik Kampus a.k.a SIAKAD, yang saya dapatkan dari jalan - jalan di berbagai blog (blogwalking) dan forum, yang akhirnya saya menemukan sistem informasi yang sangat berguna sekali bagi dunia pendidikan, khususnya di dunia kampus (kuliah).

Dimana sistem informasi ini, menurut saya lebih dari 90% sangat membantu sekali pekerjaan administrasi, keuangan dan lainnya dalam dunia perkuliahan. Oleh karena, sudah seharusnya kita harus berterimakasih pada pembuat sistem informasi ini, yaitu Bapak Emanuel Setiyo Dewo (saya pun belum kenal sama orangnya, cuma tahu dari blog atau forum yang bahas sistem informasi ini).

Semoga atas dedikasinya, beliau diberikan balasan yang terbaik oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin.

SIAKAD yang saya peroleh dari forum / blog ini merupakan versi 3.5 (dibuat sekitar tahun 2006) dan sepertinya setelah itu sudah tidak dikembangkan lagi, atau mungkin sudah tidak open source lagi, saya kurang begitu tahu. Tapi setidaknya diversi 3.5 ini sudah lebih dari cukup bagi rekan - rekan yang ingin mengembangkan lebih lanjut lagi SIAKAD ini. Berikut ini sources code yang bisa rekan - rekan download, semoga bermanfaat.

2 Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda. Silakan berkomentar yang baik dan sopan.

  1. Makasih bos, udah lama nyari muter2x. Akhire nemu disini

    BalasHapus
  2. Ada contoh penggunaanya bos? panduan ato data dummy yan g sudah pernah menggunakan

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda. Silakan berkomentar yang baik dan sopan.