Ambisi Google tidak pernah berhenti, sekarang Google memiliki proyek yang lebih ambisius dibandingkan proyek lainnya. Ia mendirikan perusahaan bernama Calico, tujuan perusahaan ini adalah melawan penyakit dan penuaan, singkatnya melawan kematian dan membuat manusia menjadi abadi. Apakah google akan menemukan rahasia keabadian?


Calico
Calico adalah perusahaan dirian Google yang akan berjalan di bidang layanan kesehatan. Sebelumnya, Google juga pernah berjalan pada bidang yang sama dengan produknya Google Health di tahun 2008. Sayangnya hal itu tidak berakhir dengan baik dan telah ditutup. Tapi tentunya kita tidak bisa membandingkan Google yang sekarang dengan Google pada tahun 2008.
Dipimpin oleh chairman Apple, Arthur D. Levinson, di samping sebagai layanan kesehatan, Calico mempunyai rencana yang sangat besar yaitu melawan penuaan. Hal ini akan dilakukan dengan memanfaatkan pusat data Google yang akan membantu menemukan seluruh penelitian terkait penyakit dan penuaan yang akan diolah benar-benar sampai ke sumbernya.
Walaupun berbagai rumor mengatakan Calico ini akan menemukan rahasia keabadian. Tujuan utama dari Calico menurut Co-Founder Google, Larry Page, adalah memperpanjang umur manusia hingga sebanyak 20 tahun. Tapi jika hal ini dapat terjadi, maka mungkin saja rahasia keabadian juga dapat ditemukan. Inilah yang menjadi penyebab rumor Calico berusaha membuat manusia menjadi abadi.

Tanpa dasar?
Lalu apakah ini semua tanpa dasar? Tidak, sebelumnya ada peneletian yang telah berhasil membuat tikus yang tua kembali menjadi muda, hal ini dilakukan dengan menginjeksi sel induk atau dikenal dengan nama "stem cell injection."
Larry Page sendiri mengatakan bahwa ia mempertanyakan apakah pengetahuan sekarang benar-benar berfokus pada arah yang tepat. Ia melihat bahwa menemukan obat kanker hanya memperpanjang umur sebanyak 3 tahun, hal ini membuat dirinya merasa aneh. Dengan data raksasa dari Google dan pengolahan data dari raja teknologi maka hal ini tidak dapat dikatakan tidak tanpa dasar. Mungkin saja puluhan tahun ke depan atau lebih lama lagi, keabadian ini dapat terjadi.

Kondisi Medis Larry Page dan Sergey Brin
Terlebih dengan diketahuinya bahwa kedua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin menderita kondisi medis tertentu. Larry Page sendiri telah didiagnosa menderita kelumpuhan pita suara, sebuah kondisi saraf dimana mempengaruhi kemampuannya untuk berbicara.
Sedangkan Sergey Brin didiagnosa memiliki kelemahan pada gennya, dimana ia memiliki kemungkinan 50% untuk terken penyakit yang serius. Jadi mungkin saja kedua hal ini adalah cikal bakal dari Google Health dan pada akhirnya Calico ini sendiri.
Dengan Calico ini Larry Page: "Penyakit dan penuaan mempengaruhi semua keluarga kita. Dengan jangka panjang dan pemikiran yang luar biasa di lingkup medis dan bioteknologi, maka saya percaya kita dapat meningkatkan nyawa jutaan manusia."

Menentang Keberadaan Tuhan
Dengan diumumkannya tujuan utama dari Calico ini, banyak orang yang mengatakan bahwa Google berusaha menentang keberadaan Tuhan. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena pengetahuan dan agama memang tidak pernah berjalan berdampingan dan semua itu tergantung kepercayaan masing-masing orang.
--
Jadi apakah Google benar-benar akan dapat menemukan rahasia keabadian? Mungkin saja tapi tidak dalam jangka pendek melainkan dalam jangka waktu yang sangat panjang. Karena keabadian ini sendiri bagaikan harta suci kaum manusia, dan jika terwujud maka tentunya hanya beberapa orang yang akan memilikinya.

Copas dari : tahupedia

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda. Silakan berkomentar yang baik dan sopan.